Jumat, 24 Februari 2012

Walikota Jakarta Utara Prihatin dengan Semrawutnya Kawasan Masjid Keramat Luar Batang

KabarPenjaringan - Diketahui, selain sebagai tempat ibadah, Masjid Keramat Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara, juga dikenal sebagai kawasan wisata religi di wilayah Jakarta Utara. Pasalnya, di tempat itu juga terdapat pula makam Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus dan amsuk dalam kawasan Cagar Budaya.

Walikota Jakarta Utara H Bambang Sugiyono mengatakan, jika dirinya menyayangkan jika kawasan bersejarah itu tampak semrawut lantaran dipenuhi Pedagang Kaki Lima (PKL). "Belum lagi, sepeda motor yang terparkir di sembarang tempat menambah semrawut akses menuju kompleks masjid," ujarnya.

"Sekarang ini kawasan masjid terlihat semrawut. Karenanya, kami akan berbicara dengan pengurus maupun warga disini agar lingkungan menjadi lebih tertata kembali untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Kami akan berupaya menata kawasan ini menjadi lebih baik dan bersih,” tegasnya.

“Masjid ini kita ibaratkan mutiara dalam lumpur. Sebab, masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, tetapi masyarakat dunia. Bahkan, bukan hanya muslim, tetapi non muslim juga banyak berkunjung ke sini hanya untuk berziarah dan melihat kebesaran Al Habib Husein bin Abubakar Alaydrus yang telah mensyiarkan agama Islam di tanah Betawi sejak 400 tahun lalu. Pemprov DKI Jakarta pun melestarikan masjid ini dengan menjadikannya sebagai cagar budaya,” katanya.

Untuk itu, lanjut Bambang kepada KabarPenjaringan, Jumat (24/2/2012), diperlukan parkir luas di kawasan tersebut untuk menampung kendaraan, khususnya bus yang membawa rombongan untuk ziarah ke Masjid. “Kami juga akan mengupayakan agar ada souvenir yang mencirikan khas masjid ini dan dikelola dengan baik demi menumbuhkan perekonomian warga sekitar,” tandasnya.

Tak hanya itu, Bambang juga telah mempromosikan Masjid Keramat Luar Batang sebagai salah satu dari sekian banyak tujuan wisata di wilayah Jakarta Utara. (tim)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar